Friday, September 27, 2013

TIPS/MENGENDARAI/ HYBRIDA/ DENGAN NYAMAN

Mengendarai Mobil Hibrida Dengan Nyaman

Mengendarai Mobil Hibrida Dengan Nyaman
-
Selain lebih ramah lingkungan, kelebihan dari mobil hibrida terletak pada sistem pengereman, yang telah dikonfigurasi untuk menangkap energi yang dilepaskan, lalu menggunakannya untuk mengisi baterai. Perbedaannya dengan mobil listrik, kendaraan tersebut tidak perlu diisi ulang dengan listrik dari rumah. Berikut ini adalah beberapa tip untuk bisa mendapatkan jarak tempuh yang lebih jauh dari mobil hibrida Anda.
  • Kecepatan kendaraan. Agar dapat menghasilkan efisiensi optimal pada mobil hibrida, idealnya Anda melaju dengan kecepatan 60 km/jam, atau tidak melebihi 80 km/jam, ketika berkendara di dalam kota. Jika Anda melaju di jalan tol, usahakan kecepatan tidak melebihi  100km/jam. Demi mengurangi putaran mesin yang terlalu tinggi, lakukan perpindahan ke gigi yang lebih tinggi secara lebih cepat. Hal tersebut dapat memperpanjang jarak tempuh kendaraan. Dan, aktivasi dari motor listrik di mobil tersebut pun akan semakin sering, di mana penggunaan mesin secara otomatis juga jadi berkurang. Hasilnya, penggunaan bahan bakar juga akan berkurang.  
  • Kecepatan konstan. Usahakan berkendara pada kecepatan yang konstan, karena setiap kali Anda mempercepat dan memperlambat mobil akan berdampak pada penggunaan bahan bakar yang tidak sedikit. Sebagai contoh, saat Anda melakukan akselerasi awal, kendaraan tersebut harus mengangkat bobot kendaraan yang tidak ringan, dan ini akan mempercepat terjadinya penyerapan pada penggunaan bahan bakar. Selain itu, beban di sekitar rem mobil dapat mempercepat keausan di sekitar kanvas rem mobil Anda.
  • Aktifkan tombol motor listrik. Pada beberapa jenis kendaraan hibrida, Anda dapat mengaktifkan penggunaan motor listrik hampir secara terus menerus, tanpa menggunakan mesin sama-- dengan hanya menekan tombol yang di dasbor. Namun, saat fitur tersebut diaktifkan, kecepatan mobil secara otomatis akan dibatasi hanya hingga 60km/jam. Hal itu ditujukan agar dapat lebih mengoptimalkan penggunaan bahan bakar. Tapi, saat pengisian baterai dibutuhkan lagi, mesin secara otomatis akan menyala kembali hanya beberapa detik, dan setelah itu mati kembali.
  • Hindari membawa barang-barang berat. Sebaiknya hindari membawa muatan yang berlebihan agar tidak berdampak pada penggunaan bahan bakar yang lebih tinggi. Menggunakan roof rack di atas mobil hibrida dapat meningkatkan hambatan angin yang lebih tinggi di sekitarnya. 
  • Hindari menggunakan pelek besar. Jenis kendaraan hibrida dirancang bukan untuk pengendalian yang sportif, tapi untuk mengurangi penggunaan bahan bakar. Jadi, jika Anda menggunakan pelek yang berukuran besar atau di luar pakem spesifikasinya, friksi di mobil tersebut akan semakin meningkat. Hasilnya, tujuan Anda untuk meminimalkan penggunaan bahan bakar pada mobil tersebut tidak akan tercapai secara optimal.  
  • sumber : http://www.menshealth.co.id

No comments: